Kelompok Posbindu Sambirejo Memasarkan Jamu Tradisional

01 Maret 2019 16:26:22 WIB

Sawahan (SIDA) – Padukuhan Sambirejo pantas menjadi pusat pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan karena berbagai kegiatan kesehatan berbasis masyarakat dilaksanakan di Padukuhan tersebut.

Tidak main-main, proses pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan hampir melibatkan seluruh elemen masyarakat mulai dari remaja sampai dewasa, mulai dari Karang Taruna, PKK, dan kelompok kegiatan lainnya.

Salah satu hal yang cukup menarik adalah pemberdayaan Kelompok Posbindu Sambirejo. Disamping melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan terpadu, salah satu kelompok dasawisma membuat inovasi unik yakni produksi dan memasarkan jamu tradisiional.

Setiap kegiatan masyarakat di Desa Sawahan maupun diluar Desa Sawahan, kelompok dasawisma Sambirejo memproduksi dan memasarkan jamu tradisional yang hasil keuntungannya sebagian digunakan untuk meningkatkan kegiatan Posbindu.

Setiap kegiatan Posbindu, Bank Sampah, dan kegiatan pertemuan lainnya kelompok memproduksi minimal 1 resep yang menghasilkan 20 botol 600 ml jamu seperti kunir asem dan beras kencur.

Jamu tersebut ditawarkan kepada peserta rapat yang biasanya langsung disebru habis jamu yang diproduksi. Kuniyati, salah satu anggota kelompok menyampaikan bahwa jamu tersebut dijamin aman dan sehat dikonsumsi karena dibuat menggunakan bahan alami dan tanpa pemanis buatan.

Sementara itu Dwi Yuliana, Dukuh Sambirejo berharap agar proses pemberdayaan masyarakat di Padukuhan Sambirejo tersebut terus ditingkatkan sehingga mampu menggerakan kegiatan yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat. (Dwi Yuliana)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM

Lokasi Sawahan

tampilkan dalam peta lebih besar